me & my friends

me & my friends

Selasa, 21 Juli 2009

Anatomi Kopling

baru dapet niy gambar diagram kopling mobil pada umumnya... ada yang bisa jelasin taak?
-Yg pertama paling gede itu bahasa sininya gigi gendeng.. bagi yang suka sprint, setengah kopling, biasanya kliatan ada noda hangus disini (dipiringannya), dan ini juga untuk starter.. nah klo stater udah rada susah tuh (mobil tua), biasanya gigi gendengnya (yang gerigi disamping) udah rada kemakan..
Solusinya ya pas lagi ganti plat kopling, di bubut aja, tambah ngacir deh

-Yg kedua itu plat kopling itu sendiri.. itu berfungsi ketika matahari (diaphgram spring ditekan = ketika injak kopling). nah itu yang perlu kita ganti ketika mulai merasa ga nyaman tu kopling (tapi biasanya sih sekalian sama matahari dan bearingnya juga), ketauan misalnya pas nanjak ga kuat (bukan gigi 1 loh), tarikan udah mulai kurang, dsb.
Ada juga yang dibilang dengan koplingnya slip. Itu akibat dari suka setengah kopling, biasanya user cewe nih yang sering begini, soalnya kan cewe ada kecenderungan ngegantung kaki dikopling ketika berkendara.

-Gambar selanjutnya sampe clutch cover itu belinya udah paket, namanya matahari (klo ga salah disni namanya dekrup). Nah ini yang perlu diganti ketika kopling udah mulai berasa berat, pas diinjek butuh tenaga ekstra, nah ganti deh yang ini..

-Yang terakhir itu bearing, atau disebut deklaher/laher.. bearing itu berfungsi ketika kita nginjek kopling. bearing udah rusak/aus kalo ketika kita nginjek kopling, ada bunyi kayak benda besi muter brisik, dan klo dilepas injekannya, bunyinya ilang..


Hal yang perlu diingat :
-klo mau ganti, sekalian aja semuanya, soalnya ongkos kerjanya mahal loh klo sekalian satu satu..
-klo masang dibengkel non resmi, pas masangnya harus kenceng ya, jangan sampe miring" atau gak kenceng. efeknya bikin cepet tipis lagi plat koplingnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar